twitter

You are here Home Prioritas P4B
11 Prioritas P4B

11 Prioritas P4B (719)

Children categories

Tata Kelola Pemerintah

Tata Kelola Pemerintah (36)

Mendorong dan memastikan capacity building aparat Pemda dan good governance dapat dijalankan disemua tingkatan pemerintahan daerah.

View items...
Politik

Politik (24)

Mendorong dan memastikan Peraturan Pemerintah (PP), Perdasus dan Perdasi sebagai jabaran dan instrumen UU No. 21 tahun 2001 dapat diwujudkan dan seluruh kehendak yang telah ditetapkan UU Nomor 21 tahun 2001 diimplementasikan oleh seluruh stake holder, komunikasi konstruktif dengan semua elemen masyarakat dan dialog tentang Papua dapat dilaksanakan.

View items...
Affirmative Action

Affirmative Action (246)

Mendorong dan memastikan pembentukan regulasi daerah yang memihak serta pendidikan dan pelatihan kepada OAP yang menunjang affirmative action diseluruh sektor pemerintahan dan swasta dapat dijalankan.

View items...
Hukum dan HAM

Hukum dan HAM (9)

Mendorong dan memastikan penegakan hukum dan penghormatan terhadap HAM dapat dilaksanakan, politisasi kasus-kasus kriminal tidak terjadi dan kasus-kasus korupsi dapat didorong untuk ditangani menurut ketentuan perundangan penanggulangan korupsi secara benar.

View items...
Infrastruktur Dasar

Infrastruktur Dasar (146)

Membuka keterisolasian wilayah pegunungan tengah dan seluruh daerah terisolir, mendorong dan memastikan bahwa program pembangunan infra struktur dasar dapat dilaksanakan dan dituntaskan.

View items...
Kesehatan

Kesehatan (26)

Mendorong dan memastikan program Pos Kesehatan Pembantu di tiap Kampung, Puskesmas Distrik, dan Rumah Sakit rujukan di Kabupaten dan Provinsi dapat diwujudkan serta dapat berfungsi menjadi sentra pelayanan dan peningkatan derajat kesehatan masyarakat Papua.

View items...
Pendidikan

Pendidikan (73)

Mendorong dan memastikan program pendidikan usia dini (PAUD) dan pendidikan dasar 9 tahun ditiap kampung, pendidikan menengah kejuruan/ umum di distrik, program sekolah unggulan di Jayapura, Manokwari, Merauke dan Sorong dapat diwujudkan serta menjadikan Uncen dan Unipa menjadi center of excelence di Papua.

View items...
Ekonomi

Ekonomi (81)

Mendorong dan memastikan program peningkatan kapasitas ekonomi usaha kecil mama-mama, penyediaan pasar tradisional di seluruh Kabupaten/ Kota, pemihakan kepada pengusaha OAP dapat berjalan.

View items...
Pengawasan Lingkungan

Pengawasan Lingkungan (10)

Mendorong dan menjamin bahwa semua penambangan yang dilaksanakan di seluruh Papua dilaksanakan sesuai dengan seluruh peraturan perundangan yang berlaku.

View items...
Sosial Budaya

Sosial Budaya (66)

Mendorong dan memastikan implementasi hak ulayat dan hukum adat dalam kehidupan bermasyarakat di Papua serta nuansa Papua dalam semua fasilitas publik dan relasi-relasi sosial dalam masyarakat berkembang dan berjalan harmoni.

View items...
Keamanan

Keamanan (2)

Mendorong dan memastikan bahwa kekerasan tidak terjadi lagi di Papua, penegakan hukum dapat ditegakkan tanpa melampaui batas-batas kepatutan, serta pengelolaan keamanan di Papua dijalankan sesuai dengan sistem perundangan baik yang terkait dengan Polri maupun TNI.

View items...

Status UP4B sebagai instansi tujuan saat melakukan pendaftaran di http://regpanselnas.menpan.go.id per 20 September 2014 pukul 00:00 WIB masih Dalam Proses. Akan ada tanggal pengunduran pendaftaran CPNS Formasi Khusus Putra-Putri Asli Papua 2014 bila sudah bisa dilakukan pendaftaran. Harap bersabar.

Pencairan biaya hidup untuk tahap pertama periode bulan September, Oktober dan November semester 2014 bagi mahasiswa program afirmasi pendidikan tinggi (ADIK) 2014 mengalami keterlambatan. Keterlambatan itu akibat masih ada 10 universitas yang belum mengirimkan berkas yang menjadi dasar pencairan. Berkas itu meliputi, SK Rektor yang menetapkan mahasiswa penerima beasiswa ADIK, Nomor Induk Mahasiswa (NIM) dan Nomor Rekening Mahasiswa.

 

Menurut Asisten Kedeputian III UP4B Sjaichul Abad, dampak dari proses adiministrasi itulah yang mengakibatkan pencairan untuk biaya hidup dan SPP bagi mahasiswa afirmasi mengalami keterlambatan.  Atas keterlambatan itu, mahasiswa diharapkan bersabar sambil menunggu proses penyelesaian administrasi dari universitas lain. 

Kepala UP4B Bambang Darmono ketika membuka rapat koordinasi soal penyelesaian tanah transmigrasi di Distrik Nimbokran dan Distrik Naumblong Kabupaten Jayapura Papua, di Jakarta (18/9). (Foto: Sudadi, UP4B)

 

Unit Percepatan Pembangunan Papua dan Papua Barat (UP4B) kembali mengadakan rapat koordinasi terkait penyelesaian ganti rugi tanah transmigrasi di Distrik Nimbokran dan Distrik Naumblong Kabupaten Jayapura Kamis (18/9) di jakarta. Rapat yang difasilitasi UP4B ini, dibuka Kepala UP4B Bambang Darmono dengan menghadirkan utusan pemilik tanah adat, pemuka adat dan eks transmigran dengan mengundang sejumlah pejabat kementerian terkait.  Pertemuan yang diadakan selama dua hari itu, masih akan mengkaji berbagai kemungkinan solusi dan jawaban atas harapan masyarakat pihak pemilik tanah adat dan eks transmigran. 

 

Hadir dari kementerian diantaranya Direktorat Peta Trans dan  Balitfo Kementerian Tenaga Kerja dan Trasmigrasi, Ditjen Perbendaharaan Kemnterian Keuangan dari Kanwil BPN Provinsi Papua. Rapat koordinasi dimoderatori Deputi II UP4B Bagus Ekodanto.

Anak-anak Penerima Beasiswa Afirmasi ADEM dari Papua dan Papua Barat yang sekolah di SMA/K se Jawa Tengah, Jawa Barat dan Banten menunjukkan kegembiraan dan semangat mereka setelah mendengarkan motivasi dari Kepala UP4B Bambang Darmono yang didampingi Ibu Dr. Lilik Sulistyowati, M.Si Kepala Sub Direktorat Program dan Evaluasi - Direktorat Pendidikan Khusus Layanan Khusus, Direktorat Jenderal Pendidikan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

 

Dalam kegiatan Jamobore ADEM yang diselengarakan oleh Kemendikbud di Bandung pada tanggal 16 September 2014 ini Bambang Darmono menyampaikan, bahwa anak-anak penerima beasiswa ADEM adalah bakal menjadi SDM andalan Papua di masa datang, karena mendapatkan kesempatan dan fasilitas pendidikan lebih baik dari yang saat ini menempuh pendidikan di Papua. "Kalian harus menjadi manusia unggulan di Papua kelak jika berhasil dalam menempuh pendidikan. Saya harap kalian semua bisa melanjutkan ke universitas yang terbaik di Indonesia," demikian pesan Kepala UP4B. (Amiruddin Al Rahab, Juru Bicara UP4B)

Tuesday, 09 September 2014 11:14

Kisi-Kisi Materi Tes CPNS 2014

Written by

 

Kisi-Kisi Soal Tes CPNS Tahun 2014, untuk tes kompetensi dasar (TKD) kisi-kisinya terdiri dari 3 kelompok.

 

[1] Test Wawasan Kebangsaan (TWK)

Test ini bertujuan untuk menilai kompetensi pelamar dalam hal penguasaan pengetahuan dan kemampuan mengimplementasikan nilai-nilai 4 (empat) Pilar Kebangsaan Indonesia yang meliputi:

* Pancasila;

* Undang Undang Dasar 1945;

* Bhinneka Tunggal Ika;

* Negara Kesatuan Republik Indonesia (sistem tata Negara Indonesia, baik pada pemerintah pusat maupun pemerintah daerah, sejarah perjuangan bangsa, peranan Bangsa Indonesia dalam tatanan regional maupun global, dan kemampuan berbahasa Indonesia secara baik dan benar).

Anak-anak penerima beasiswa ADEM tampak ceria seusai bertemu dengan Kepala UP4B Bambang Darmono ketika hendak mengikuti  Jambore Program Afirmasi Pendidikan untuk Papua dan Papua Barat di Bali, 9 September 2014. (Foto: Amiruddin, UP4B)

 

Kepala UP4B Bambang Darmono menyampaikan, "kalian adalah anak-anak yang terpilih dari sekian banyak anak Papua lain. Maka dari itu gunakan kesempatan ini dengan baik, belajarlah sekeras mungkin agar bisa berhasil. Juga jaga diri sebaik-baiknya, jangan sampai gagal."  Nasihat itu disampaikan Kepala UP4B kepada siswa-siswi penerima beasiswa afirmasi pendidikan menengah (Adem) Rabu (9/9), ketika hadir di acara Jambore Program Afirmasi Pendidikan untuk Papua dan Papua Barat di Bali.

Guru-guru pendamping anak-anak Penerima beasiswa Adem dari berbagai kota di Jawa dan Bali. (Foto: Amiruddin, UP4B)

 

Selain itu juga disampaikan oleh Bambang Darmono, "Kalian adalah bibit unggul untuk meningkatkan kemampuan SDM Papua di masa datang. Jika nanti kalian sukses bisa sampai ke Universitas dan berhasil dengan baik, maka kalian akan menjadi andalan SDM Papua di masa yang akan datang,"  tegasnya.

 

Mendapatkan suntikan semangat dari Kepala UP4B, ratusan anak-anak itu riuh bertepuk tangan dan mengucapkan amin secara spontan bersama-sama. (Amiruddin Al Rahab, Jubir UP4B)

Mahasiswa Afirmasi Pendidikan Tinggi Universitas Sam Ratulangi, Manado (Foto: Ventje Ropa, UP4B)

 

Mahasiswa Afirmasi Pendidikan Tinggi (ADIK) Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) berharap agar para dosen memberikan keberpihakan, pendampingan dan pengecualian. Demikian antara lain yang terungkap dalam dialog antara mahasiswa ADIK, UP4B dan Rektor Unsrat yang diwakili PR III Prof. DR. R. Kairupan, di ruang rapat Rektorat Unsrat Manado (22/8/14).

 

Menurut Jackson mahasiswa afirmasi angkatan 2012 dan 2013 ada kekhawatiran jika penamatan kuliah nanti. Itu karena aturan mensyaratkan setiap mahasiswa harus memiliki sertifikat pengenalan kampus. Bagaimana dengan yang tidak mengikuti pengenalan kampus, karena terlambat mengawali kuliah? Ia juga menyoroti, adanya mahasiswa ADIK yang tidak kuliah, tetapi masih tetap mendapatkan transfer beasiswa setiap 3 bulannya. 

Saturday, 06 September 2014 15:15

Status dan Jadwal Instansi pada panselnas.menpan.go.id

Written by

 

Daftar instansi yang telah membuka akses pendaftaran merupakan salah satu informasi yang paling diburu para pelamar CPNS 2014. Menurut pantauan Liputan6.com, Jumat (5/9/2014) laman status dan jadwal instansi di portal nasional panselnas.menpan.go.id baru menunjukkan sekitar 61 dari 250an instansi yang telah siap menerima pendaftaran.

 

Kenyataannya, diumumkan baru ada 136 instansi yang telah membuka akses pendaftarannya di websitenya masing-masing. Maklum saja, informasi status dan jadwal di portal nasional (https://panselnas.menpan.go.id/index.php/status-data) terakhir diperbarui pada 5 September 2014 pukul 14.07 WIB.

 

9902 UNIT PERCEPATAN PEMBANGUNAN PAPUA DAN PAPUA BARAT sudah terdaftar di halaman Status dan Jadwal tetapi masih belum masuk sebagai INTANSI pada http://regpanselnas.menpan.go.id

Dua Tenaga Profesional UP4B Aziz dan Sostenes Weyai memberikan penjelasan tentang pembangunan ruas Jalan P4B di Kabupaten Nabire peserta Rapat bertempat di Home stay Filadelfia Nabire (1/9/2014) (Foto: Harris, UP4B)

 

Hasil capaian kinerja dan hasil koordinasi UP4B terkait pembangunan infrastruktur terus disosialisasikan dan dipaparkan kepada daerah terutama sebagai penerima manfaat dari Program P4B, dalam hal ini ruas jalan Yaur-Kwatisore-Windesi merupakan ruas jalan yang dikerjakan TNI melewati Kabupaten Nabire Provinsi Papua. 

 

Tujuan dari pelaksanaan rapat ini adalah untuk memberikan informasi kepada pemerintah daerah perkembangan pekerjaan pembangunan jalan yang sudah dilakukan sejak akhir November 2013 lalu hingga September 2014 saat ini. Disamping itu dalam rapat itu ada penandatanganan serah terima Inventarisasi aset dari Kementerian Pertahanan dalam hal ini TNI dan Pemda Kabupaten Nabire dan UP4B memfasilitasi itu, ungkap Haryo Asisten Bidang Infrastruktur UP4B.

Kepala Badan BKD Provinsi Papua Charles Kambuaya (kanan), Rabu (3/9) saat mengadakan Sosislisasi Khusus Aparat Sipil Negara (ASN) Khusus untuk putra-putra Asli Papua (OAP). Hadir Wakil kepala UP4B E. Fonataba (kiri). (Foto: Kurniawan, UP4B)

 

Kepala Badan BKD Provinsi Papua Charles Kambuaya, di Jayapura Rabu (3/9) mengadakan Sosislisasi Khusus Aparat Sipil Negara (ASN) Khusus untuk putra-putra Asli Papua (OAP). Kegiatan sosialisasi yang dihadiri Wakil kepala UP4B E. Fonataba itu, sebelumnya juga sudah dilakukan di Manokwari Papua Barat. 

 

Sosialisasi ini bertujuan memberikan informasi terkait tata cara dan persyaratan serta ketentuan penerimaan. UP4B dan Pemda Provinsi bertugas memfasilitasi penerimaan yang akan dibuka mulai 3 – 18 September 2014 secara online melalui website. Formasi kali ini tersedia sebanyak 165 orang dengan alokasi 110 orang untuk Papua dan 55 orang untuk Papua Barat. Penerimaan ini adalah yang kedua, tahun sebelumnya sudah tersalurkan 96 CPNS yang sudah bekerja di berbagai K/L. 

Page 1 of 52

Foto Random

20140324-PilegBoven1.jpg
20130315-LayananKesehatan.jpg
20130608-TempatUjianADIK2013.jpg
20130816-RapatEvalProgresDanaDirektifKemenhub.jpg

Newsletter Subscriber

Name:
Email:

Tahukah Anda

20121113-30PersenAPBNP2012.jpg

Asal

Flag Counter
2013.09.06

Kontak Kami

Kantor Pusat:

Jln. Prof. M. Yamin SH. III No. 1A, Angkasa, Jayapura. Papua. 99113.
Telp: (+62) 967 521 649
Fax: (+62) 967 521 619
Email: uppppb(di)gmail(titik)com

Kantor Kepala UP4B:

Jl. Kebun Sirih No 14, Gambir. Jakarta Pusat. DKI Jakarta. 11010

Kantor UP4B:

Gedung BPPT, Lantai 5, Jl. M.H. Thamrin No 8, Jakarta Pusat. DKI Jakarta. 10340.
Telp/Fax: (+62) 021 3983 6243