twitter

You are here Home Prioritas P4B Affirmative Action Program Afirmasi Pendidikan Menengah (ADEM) Di Bali Berjalan Lancar
Wednesday, 25 September 2013 13:32

Program Afirmasi Pendidikan Menengah (ADEM) Di Bali Berjalan Lancar Featured

Written by 
Rate this item
(1 Vote)

Siswa/i Peserta ADEM 2013 di SMA Negeri 4 Singaraja (Foto: Nasri, UP4B) 

 

UP4B melakukan Monitoring dan Evaluasi Program ADEM 2013 di SMA Negeri 4 Singaraja. Terdapat 2 orang siswa/i yang ditempatkan di SMA Negeri 4 Singaraja, yaitu: Arnitha Mirip yang berasal dari Nabire dan Sultan Simon Masari asal Jayapura. Menurut keterangan Kepala Sekolah, Bapak Putu Gede Wartawan, keduanya terlihat mulai betah tinggal dan melanjutkan studinya di SMA ini. Pihak sekolah mengupayakan agar keduanya merasa nyaman dan tidak merasa asing berada jauh dari kampung halamannya. Menurut keterangan guru pembimbing, Ibu Nyoman Dewi Indriani, S. Pd., siswa yang bernama sulthan terlihat sudah membaur dengan teman-teman sekolahnya dan aktif mengikuti kegiatan yang dilakukan oleh sekolah, tari kecak dan belajar bahasa Bali menjadi kegiatannya sebagai pengisi waktu luang. Sedangkan Arnitha Mirip masih belum mau ikut secara aktif kegiatan yang dilakukan oleh sekolah. Menurut pengakuan siswi tersebut dia masih merasa canggung dengan teman-teman barunya dan meminta agar ditempatkan di sekolah yang ada teman perempuan dari Papua. Menurut guru pembimbing, hal ini biasa dirasakan oleh siswa baru dan pihak sekolah berusaha agar siswi tersebut dapat bersosialisasi dengan teman-teman yang ada di sekolah tersebut.

 

Siswi Peserta ADEM 2013 di SMK Negeri 2 Singaraja (Foto: Nasri, UP4B)

Selanjutnya kunjungan dilanjutkan ke SMK Negeri 2 Singaraja, SMK ini  menerima 2 (dua) orang siswi ADEM, yaitu Ervelin Friska Bieth’s yang berasal dari Kabupaten Maybrat dan Loys Eunike Mugu yang berasal dari Kota Sorong, kedua siswa ini sangat senang dan merasa betah melanjutkan pendidikan di SMK ini, malah keduanya ingin melanjutkan ke Perguruan Tinggi yang ada di Provinsi Bali juga. Menurut Dra. Ni Luh Sudiasih sebagai pembimbing, keduanya sangat bersemangat melanjutkan pendidikan di sekolah ini. Selain sebagai guru pembimbing, kedua siswi ini juga tinggal di rumah beliau yang berjarak sekitar 300  m dari sekolah. Terlihat kedua siswi ini telah memiliki ikatan bathin dengan guru pembimbingnya. Menurut guru pembimbing kedua siswi ini, Kepala Sekolah menaruh perhatian yang sangat serius dalam menangani kedua siswi ini. Hal ini tentu saja membuat keduanya merasa betah dan nyaman melanjutkan pendidikan di Sekolah ini.

 

Siswa Peserta ADEM 2013 di SMK Negeri 1 Singaraja (Foto: Nasri, UP4B)

Kunjungan berikutnya dilakukan di SMK Negeri 1 Abang Tista Karang Asem yang menerima 2 (dua) orang siswa, yaitu : Patrick Benedick Delviro Toam yang berasa dari Kabupaten Jayapura dan Yanus Christian Boy Wenda yang berasal dari Wamena. Kedua siswa ini sangat senang melanjutkan sekolah di SMK ini. Kedua siswa ini sudah merasa betah dan nyaman karena lingkungan dan suasana sekolah yang sangat baik. Bahkan Yanus Christian Boy Wenda yang biasa dipanggil Boy ingin melanjutkan hobinya yaitu berlatih tinju di salah satu sasana yang ada di Karang Asem. Sedangkan Patrik lebih memilih futsal sebagai olahraga favorit yang dilakukan disaat waktu luang. Menurut guru pendamping para siswa, ibu Ni Ketut Kusumayanti, S. Pd, kedua siswa ini sangat antusias dan aktif didalam mengikuti pelajaran dan kegiatan extra kurikuer yang diadakan disekolah. Letak tempat tinggal yang bersebelahan dengan sekolah memudahkan keduanya untuk hadir dalam setiap kegiatan yang dilakukan di sekolah. Kepala Sekolah, Drs. I Komang Putu juga menyatakan hal yang sama, sekolah sangat mendukung pelaksanaan kegiatan program ADEM ini, dan Kepala Sekolah juga telah membentuk tim yang bertanggungjawab atas pembinaan siswa ADEM asal Papua ini.

 

Dari kunjungan dan tatap muka secara langsung ke ke sekolah-sekolah penerima, terlihat bahwa para siswa/ii yang mengikuti program ADEM ini sangat senang dan merasa nyaman melanjutkan pendidikannya di di Pulau Dewata. Disamping itu pihak sekolah penerima peserta Program ADEM ini juga terlihat serius dan sungguh-sungguh dalam menangani dan membimbing para murid yang berasal dari Papua. (Nasri, Asisten UP4B)

Read 399 times Last modified on Wednesday, 25 September 2013 13:44
Gate Master

Sang Penjaga Gerbang Portal Unit Percepatan Pembangunan Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat (UP4B).

Website: www.up4b.go.id

E-mail: uppppb(di)gmail(titik)com

Login to post comments

Foto Random

20130827-Mansinam3.jpg
20130305-KepalaUP4BdiLondon3.jpg
20130612-KemacetanDepanPadangBulan.jpg
20140313-PembekalanDalev.jpg

Newsletter Subscriber

Name:
Email:

Tahukah Anda

20121113-MeraukeDigoel8Jam.jpg

Asal

Flag Counter
2013.09.06

Kontak Kami

Kantor Pusat:

Jln. Prof. M. Yamin SH. III No. 1A, Angkasa, Jayapura. Papua. 99113.
Telp: (+62) 967 521 649
Fax: (+62) 967 521 619
Email: uppppb(di)gmail(titik)com

Kantor Kepala UP4B:

Jl. Kebun Sirih No 14, Gambir. Jakarta Pusat. DKI Jakarta. 11010

Kantor UP4B:

Gedung BPPT, Lantai 5, Jl. M.H. Thamrin No 8, Jakarta Pusat. DKI Jakarta. 10340.
Telp/Fax: (+62) 021 3983 6243