twitter

You are here Home Prioritas P4B Infrastruktur Dasar Aksi Tenaga Profesional UP4B Dibekali Cara “Memotret” Kondisi Terkini Percepatan Pembangunan di Papua
Thursday, 14 March 2013 11:59

Tenaga Profesional UP4B Dibekali Cara “Memotret” Kondisi Terkini Percepatan Pembangunan di Papua Featured

Written by 
Rate this item
(0 votes)

Waka UP4B E.Fonataba ketika sampaikan arahan saat pembukaan pembekalan pemangku. (Foto: Sudadi, UP4B)

 

Tenaga Profesional UP4B sejak tanggal 13/3 sampai dengan 15/3 akan mendapat pembekalan tugas sebagai pemangku daerah kabupaten/kota. Kegiatan ini  adalah bagian dari upaya UP4B untuk memberikan pemahaman dan pendalaman terhadap berbagai persoalan yang berhubungan dengan percepatan pembangunan di wilayah Provinsi Papua dan Papua Barat.

 

“Dengan pembekalan yang tepat dan akurat, diharapkan dapat memudahkan pemangku dalam “memotret” kondisi terkini percepatan pembangunan di daerah yang menjadi cakupan tugasnya”,  ungkap Wakil Kepala UP4B E.Fonataba kepada Media Center UP4B usai membuka Pembekalan bagi Pemangku dari Tenaga Profesional UP4B di Sentani Kabupaten Jayapura.

 

Kegiatan ini akan berlangsung tiga hari, dari tanggal 13 s.d 15 Maret mendatang.  Rabu hari ini, peserta mendapat pembekalan dari  sejumlah kementerian dan lembaga.  Dari Kemendagri  terdiri dari Direktur Fasilitasi Dana Pembangunan Gatot Setyo Tamtomo, Kasubdit Dana Otsus dan dana Transfer  Lainnya Slamet Sudarso, Kasi  Dutek Dit. FDP Sudaryamto, dan  Kasubag TU Dit FPD Nina Martina. Sedang  materi tentang “PNPM-Mandiri Perdesaan”: Penjelasan Teknis dan Operasional, disampaikan oleh Benni Irwan. Dari Kementerian Kesehatan materi tentang: Sarpras (Sarana dan Prasarana) dan Tenaga Kesehatan (BOK, Tugas Pembantuan, DAK) disampaikan Rahmat Biro Perencanaan Kesehatan dan Kepala Sekretariat BOK Wiwiek Pudjiastuti, SKM.M.Kes.

 

Sementara itu Waka UP4B dalam sambutan pembukaan menegaskan, kepada peserta aktif dan menggali pokok pikiran dari pembicara kementerian yang berkaitan dengan berbagai hambatan dalam pengembangan program.  Kegiatan ini adalah bertujuan untuk :  (a) memastikan kesiapan dan sinergitas program dan kegiatan P4B di lapangan yang dilaksanakan oleh Pemerintah, Pemerintah Provinsi, dan Pemerintah Kabupaten/kota; (b) Membangun jejaring kerja antara Petugas Wilayah UP4B dengan K/L, SKPD Provinsi, Kepala Daerah, pejabat penghubung pemerintah kabupaten/kota, dan informan lain seperti Kepala Satker, Kepala Sekolah, dan Kepala Puskesmas; (c) Melakukan pengecekan kemajuan lapangan pelaksanaan kegiatan TA 2013, dan mengidentifikasi potensi permasalahan yang dihadapi untuk dapat menyepakati solusi. 

 

Deputi V Pengendalian dan Evaluasi UP4B Son Diamar selaku penanggung jawab kegiatan pemangku kabupaten/kota mengatakan, kunjungan lapangan terpadu ini bertujuan memastikan kesiapan pelaksanaan program kegiatan P4B yang dikerjakan K/L, SKPD Provinsi, dan SKPD Kabupaten/Kota di lapangan (distrik, kampung), yang pendanaannya bersumber/melalui APBN, APBD Provinsi dan APBD Kabupaten/Kota. 

 

Mengantisipasi masalah yang mungkin akan dihadapi, mengidentifikasi kebutuhan fasilitasi untuk kelancaran/pelayanan, dan merumuskan rekomendasi/kesepakatan solusinya bersama stakeholders. Membangun sistem Pengendalian dan evaluasi lapangan, yang mengoptimalkan peran penghubung Kabupaten/Kota, dukungan informasi DSKPD dan penanggung jawab/pelaksana kegiatan dan pelibatan informan lapangan termasuk Kepala Distrik, Kepala Puskesmas, dan Kepala Sekolah. Mendapatkan informasi mengenai pelaksanaan program/kegiatan di lapangan (distrik, kampung) sebagai data primer bahan Dalev. 

 

Deputi III UP4B Agus Santoso ketika sampaikan pembekalan tentang perkembangan program afirmasi pendidikan kepada pemangku kabupaten/kota. (Foto: Sudadi, UP4B)

 

 

Deputi II UP4B Bagus Ekodanto ketika sampaikan pembekalan tentang perkembangan terkini situasi politik paska Pemilukada Provinsi Papua dan rencana Pemilukada yang akan berlangsung di beberapa kabupaten. (Foto: Sudadi, UP4B)

 

Menurut rencana, kegiatan lapangan pemangku kabupaten/kota ini akan berlangsung dua tahap. Tahap pertama dimulai tanggal 17 s.d 23 Maret dan tahap kedua tanggal 1 s.d 7 Mei . Kabupaten dan kota yang akan menjadi sasaran pemangku adalah sebagai berikut: Kabupaten Kab.Jayapura, Mappi, Intan jaya, Manokwari, Tolikara, Yahukimo, Mamberamo Tengah, Puncak jaya, Pegunungan Bintang, Dogiyai, Fak-Fak, Boven Digoel, Biak Numfor, Nabire, Teluk Bintuni, Sorong Selatan, Raja Ampat, Sarmi, Kepulauan Yapen, Tambraw, Mamberamo Raya, Sorong, Waropen, Nduga, Lanny Jaya, Puncak, Mimika, Yalimo, Paniai, Jayawijaya, Merauke, Maybrat, Teluk Wondama, Kaimana, Deiyai, Asmat , Supiori, Kota Jayapura, Keerom dan Kota Sorong. (Sudadi, Media Center UP4B)

Read 3259 times Last modified on Monday, 18 March 2013 16:10
Gate Master

Sang Penjaga Gerbang Portal Unit Percepatan Pembangunan Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat (UP4B).

Website: www.up4b.go.id

E-mail: uppppb(di)gmail(titik)com

Login to post comments

Foto Random

20130824-MonitoringKelautanPerikanan8.jpg
20131003-SMKN1Wonogiri2.jpg
20140130-BandaraKamanap1.jpg
20130330-IPDN1-small.jpg

Newsletter Subscriber

Name:
Email:

Tahukah Anda

20121113-MeraukeDigoel8Jam.jpg

Asal

Flag Counter
2013.09.06

Kontak Kami

Kantor Pusat:

Jln. Prof. M. Yamin SH. III No. 1A, Angkasa, Jayapura. Papua. 99113.
Telp: (+62) 967 521 649
Fax: (+62) 967 521 619
Email: uppppb(di)gmail(titik)com

Kantor Kepala UP4B:

Jl. Kebun Sirih No 14, Gambir. Jakarta Pusat. DKI Jakarta. 11010

Kantor UP4B:

Gedung BPPT, Lantai 5, Jl. M.H. Thamrin No 8, Jakarta Pusat. DKI Jakarta. 10340.
Telp/Fax: (+62) 021 3983 6243